• SMK NEGERI 3 MANDAU
  • Jalan Raya Duri Dumai KM 18 Desa Sebangar, Kecamatan Bathin Solapan , Kab.Bengkalis-Riau
  • email.smkn3mandau@gmail.com
  • Humas (085265402108)
  • Cari

SMK NEGERI 3 MANDAU, Menuju Sekolah Pusat Keunggulan (Centre of Excellence)

Pendidikan vokasi di berbagai belahan dunia berlomba merevitalisasi organisasinya menjadi pusat keunggulan (center of excellence). Pendidikan vokasi pada dasarnya adalah pendidikan yang menyiapkan generasi muda untuk bekerja dan berwirausaha guna mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa. Pendidikan vokasi tidak akan terlepas pada kegiatan industri dan ekonomi, baik pada skala kecil, menengah, maupun besar. Isu relevansi pendidikan vokasi kemudian menjadi topik yang tidak pernah usang dan menjadi permasalahan yang tidak pernah tuntas. 

Dalam mengembangkan center of excellence pendidikan vokasi, para pengelola pendidikan vokasi dituntut untuk memenuhi persyaratan para pemangku kepentingan.

  1. Pemangku kebijakan pendidikan, dalam hal ini pemerintah, untuk memenuhi amanat undang-undang, peraturan-peraturan pemerintah, dan standar nasional pendidikan.
  2. Pengguna lulusan, dalam hal ini adalah industri dan dunia usaha, untuk memenuhi persyaratan kompetensi yang dibutuhkan di pasar kerja.
  3. Peserta didik, dalam hal ini siswa, untuk pengembangan diri siswa, selepas sekolah harus memiliki kemandirian untuk dapat survive dalam kehidupan sesuai dengan potensi minat, bakat, dan passion yang dimiliki.

Dengan dikembangkannya center of excellence pada pendidikan vokasi, diharapkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mis-match dan penurunan daya saing dapat dielminasi sebanyak mungkin. Untuk meningkatkan daya saing pendidikan vokasi melalui pengembangan center of excellence tersebut, diperlukan beberapa upaya diantaranya adalah Melakukan reskillings dan upskilling SDM pendidikan vokasi, khususnya pada pengembangan kompetensi baru yang dibutuhkan di pasar kerja dan pembelajaran di era Revolusi 4.0. 

Pengembangan sekolah menjadi center of excellence, menuntut kepada para pengelola pendidikan vokasi untuk memenuhi beberapa persyaratan dari para pemangku kepentingan. Perubahan tersebut menuntut kepada dunia Pendidikan Vokasi, dalam hal ini adalah sekolah-sekolah kejuruan untuk bersiap dan mempersiapkan diri untuk menyesuaikan kurikulum sekolah dengan kurikulum dari IDUKA. Hal ini dimaksudkan agar Program yang diluncurkan oleh pemerintah tersebut (Center of Excellence) untuk  Sekolah Menengah Kejuruan, benar-benar harus berwujud link and Match yang erat dan berkelanjutan. Pendidikan Vokasi dan industri harus benar-benar link dan match. Ibarat hubungan asmara, hubungannya harus selevel menikah, menghasilkan banyak ‘anak’. Karena itu harus dilakukan Pernikahan Massal antara SMK dengan IDUKA secara nyata. Bukan  hanya sebatas seremoni tanda tangan MoU, lalu sudah merasa link and match. 

           SMK Negeri 3 Mandau, yang merupakan salah satu SMK di Kab. Bengkalis yang lolos seleksi CoE Tahun 2020 ini, telah berbenah untuk dikembangkan menjadi SMK Pusat Keunggulan (Centre of Excellence). Hal ini, dapat dilihat dengan diadakannya kegiatan yang diberi nama Sosialisasi dan Workshop Penyusunan dan Pengembangan Dokumen Pembelajaran SMK COE. Kegiatan ini  berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 16 hingga 17 Oktober 2020 dengandengan menampilkan Pemateri Bapak FX Eko Prihantoro, S.Pd. dan Pengawas Pembina SMK Negeri 3 Mandau Bapak Drs. H.M Suyanto, M.H. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah Awal sekolah dalam Menyusun Program dan Penyelasarasan Kurikulum SMK dengan DU/DI serta mempersiapkan Kurikulum untuk divalidasi oleh Industri dan selanjutnya diimplementasikan kesiswa dalam kegiatan Pembelajaran.  

Tujuan kegiatan ini adalah untuk Menyesuaikan kurikulum Sekolah dengan tuntutan IDUKA (kompetensi dan budaya kerja). Agar kurikulum Sekolah sesuai  dengan tuntutan kompetensi dan budaya/etos kerja yang berlaku di IDUKA sehingga lulusan SMK Negeri 3 Mandau memiliki kompetensi dan budaya/etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA. Diharapkan dalam kegiatan Workshop ini, Kurikulum Sekolah dan Kurikulum Kompetensi Iduka melahirkan Kurikulum Kesepakatan. Semoga SMK Negeri 3 mandau mampu menjaga amanah untuk mewujudkan cita-cita mulia menjadi Center of Excellence (CoE) sehingga tamatannya semakin unggul, Santun, Mandiri, Kreatif dan kompeten, serta Berdaya Saing Global. 

Aamiin yaa rabbal’alamiin.

 

Komentar

[removed][removed]

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
RAPAT PENUTUPAN PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL TP. 2020/2021 SMKN 3 MANDAU

Kamis 17 Desember 2020 SMKN 3 Mandau mengadakan kegiatan rapat penutupan pembelajaran semester ganjil TP. 2020/2021, dihadiri oleh Bapak Kepala SMKN 3 Mandau Bapak Agus Subagiyo, ST.,

18/12/2020 15:18 WIB - Administrator
Workshop Pengembangan Program PKL, Penyusunan Program Sertifikasi Kompetensi Siswa dan Program Magang Guru (SMK CoE)

SMKN 3 Mandau pada tahun 2020 ditunjuk sebagai SMK Center of Excellent (CoE) Sektor Pemesinan dan Kontruksi dengan kompetensi keahlian Teknik Alat Berat dan Teknik Geomatika. Sabtu, 28

28/11/2020 16:15 WIB - Administrator
PERAYAAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2020

Kamis 26 November 2020 SMKN 3 Mandau Merayakan Hari Guru Nasional dihadiri oleh Bapak Ketua Komete, Bapak Kepala Sekolah Agus Subagiyo, ST.,M.Si dan Seluruh Guru beserta Staf, Peray

28/11/2020 13:21 WIB - Administrator